Main Menu

ISBI Bandung Gandeng STTB tautkan Seni Budaya dengan Teknologi_8ISBI Bandung Gandeng STTB tautkan Seni Budaya dengan Teknologi_20ISBI Bandung Gandeng STTB tautkan Seni Budaya dengan Teknologi_6ISBI Bandung Gandeng STTB tautkan Seni Budaya dengan Teknologi_18

 Masa pandemi Covid-19 yang belum berakhir tidak mengendurkan semangat perguruan tinggi untuk terus berupaya dalam melaksanakan fungsinya terutama dalam pelaksanaan tridarma perguruan tinggi dan menyukseskan program merdeka belajar – kampus merdeka (MBKM) serta peningkatan sumber daya manusia (SDM) baik pada sivitas akademika maupun masyarakat. Salah satu jalan yang mendukung terwujudnya hal ini adalah dengan terciptanya jalinan kemitraan antar perguruan tinggi yang saling memberi manfaat.

Pada awal Agustus 2021 ini Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung pun resmi menggandeng Sekolah Tinggi Teknologi Bandung (STTB) sebagai mitra kerja sama yang ditandai dengan telah ditandatanganinya Nota Kesepahaman pada Kamis kemarin (05/08/2021) bertempat di Kampus STTB Jl. Soekarno-Hatta  No.378, Kebon Lega, Bojongloa Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat 40235.

Dari ISBI Bandung acara ini dihadiri langsung oleh Prof. Dr. Een Herdiani, S.Sen., M.Hum selaku Rektor, Dr.  Retno Dwimarwati, S. Sen., M. Hum. Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum dan Keuangan, Dr. Sri Rustiyanti, S.Sen., M.Sen. Dekan Fakultas Budaya dan Media, Redhiana Langen Tresna, SE.Ak Koordinator Kerja Sama dan Humas, Hikmaningtias Maharani, S.T., M.Kom. Subkoordinator Kerja Sama Eksternal dan Humas, dan Rossi Suryani, S.I.Kom. Staf Kerja Sama dan Humas. Sedangkan dari STTB juga hadir Ketua STTB Muchammad Naseer, S.Kom., M.T., Wakil Ketua I Bidang Akademik Danny Aidil Rismayadi, S.SI., M.Kom, Wakil Ketua II Bidang SDM dan Aset Agus Rahmat Hermawanto, S.H., M.M, Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan Indra Julias, S.Kom.

ISBI Bandung Gandeng STTB tautkan Seni Budaya dengan Teknologi_15

“Pertemuan ini kita anggap sebagai awal kerja sama yang sangat baik antara STTB dengan ISBI Bandung khususnya MBKM dan hal-hal lainnya”, ucap Muchammad Naseer, S.Kom., M.T. dalam sambutannya.

Beliau juga berterima kasih atas kehadiran Rektor bersama jajaran pimpinan ISBI Bandung lainnya dan berharap antar dua lembaga pendidikan ini dapat saling bersinergi untuk kemajuan bersama.

ISBI Bandung menyambut dengan suka cita kolaborasi bersama STTB yang kedepannya dapat langsung terealisasi di lapangan.

ISBI Bandung Gandeng STTB tautkan Seni Budaya dengan Teknologi_11

“Kami ingin sekali melaksanakannya bukan hanya menandatangani MoU tetapi riil di lapangan begitu ya”, tutur Prof. Een.

Beliau juga menyampaikan bahwa saat ini ISBI Bandung memiliki kelemahan dalam bidang teknologi sehingga ketika terbangunnya sinergi dengan STTB, ISBI Bandung dapat terus memperbaiki dan meningkatkan kualitas khususnya di bidang teknologi serta pertautan antara seni budaya dengan teknologi dapat melahirkan hal baru yang luar biasa.

Sebagaimana salah satu misi ISBI Bandung ialah memberdayakan seni budaya secara kreatif dan inovatif yang selaras dengan salah satu misi STTB yakni menyelenggarakan pendidikan dengan keunggulan mutu yang diselaraskan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni. Adaptif terhadap tantangan sosial, budaya dan lingkungan.

“Jika STTB memiliki kebutuhan-kebutuhan dalam bidang seni, bisa jadi nanti kami mengirimkan dosen-dosen untuk bisa mengisi beberapa kelas dalam menambah wawasan bidang seni dan kebudayaan”, imbuhnya.

ISBI Bandung Gandeng STTB tautkan Seni Budaya dengan Teknologi_2

Melalui kerja sama ini, ISBI Bandung dan STTB juga berkeinginan dapat bersama-sama meningkatkan kinerja dan mutu pendidikan tinggi masing-masing pihak serta memberi keleluasaan kepada para mahasiswa agar menguasai berbagai keilmuan, dalam rangka menciptakan SDM yang unggul dan berkualitas. 

Selain pelaksanaan tridarma perguruan tinggi dan program MBKM serta peningkatan SDM, ruang lingkup kerja sama ini juga meliputi program pertukaran mahasiswa dan dosen, serta program mahasiswa magang. Namun tidak menutup kemungkinan untuk kegiatan lainya selama disepakati oleh kedua lembaga.

Acara ini diselenggarakan dengan tetap memperhatikan dan menjalankan protokol kesehatan dari pengecekan suhu tubuh, penggunaan hand sanitizer, masker dan sarung tangan serta penyeprotan disinfektan pada ruangan yang digunakan hingga jaga jarak antara tamu undangan.

ISBI Bandung
Pusat Kreativitas Berbasis Manajemen Seni dan Jaringan
Kampus Merdeka-Indonesia Jaya