Main Menu

 
Pengembangan Tridarma Perguruan Tinggi dan pelaksanaan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) terus diupayakan oleh Institut Seni Budaya (ISBI) Bandung dengan makin mempererat jalinan kerja sama dengan Universitas Udayana. Pada kesempatan ini, dilakukan 2 penandatanganan perjanjian kerja sama yakni pertama antara Fakultas Budaya dan Media (FBM) ISBI Bandung dengan Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Udayana; kedua antara Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) ISBI Bandung dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Udayana yang bertempat di Kampus Universitas Udayana, Denpasar, Bali pada jumat yang lalu (04/06/2021). 

Acara penandatanganan perjanjian kerja sama tersebut dihadiri oleh Dr. Sri Rustiyanti, S.Sen., M.Sn. Dekan FBM ISBI Bandung, Dr. Wanda Listiani, S.Sos.,M.Ds. Ketua LPPM ISBI Bandung, Dr. Made Sri Satyawati, S.S.,M.Hum. Dekan FIB Universitas Udayana, dan Prof. Dr. I Nyoman Darma Putra, M.Litt. Ketua Pusat Penelitian Kebudayaan Universitas Udayana. 


Dr. Sri Rustiyanti menjelaskan bahwa perjanjian kerja sama ini juga dilakukan sebagai tindak lanjut dari delapan IKU (Indikator Kinerja Utama) yang mencakup kualitas mahasiswa dan lulusannya, kualitas dosen serta kualitas kurikulum.

“Semoga dengan adanya ini menjadi peluang yang luas untuk meningkatkan kita sebagai dosen untuk melaksanakan Tridarma Perguruan Tinggi sebagai primadona seperti yang disampaikan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Mahasiswa ISBI Bandung Prof. Arthur,” ucapnya.

Beliau juga menyampaikan bahwa FIB Universitas Udayana sebagai fakultas tertua di Universitas Udayana bersedia mendampingi FBM ISBI Bandung sebagai fakultas yang termuda di ISBI Bandung. FIB Universitas Udayana akan memberikan pendampingan baik dalam bidang pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan rekognisi dosen. 

Dr. Sri Satyawati menyambut baik kerja sama ini disamping sebelumnya telah terjalin kerja sama secara lembaga antara ISBI Bandung dengan Universitas Udayana sejak tahun 2020 yang lalu.

“Kami dari Universitas Udayana berharap kerja sama yang telah terjalin sebelumnya dengan ISBI Bandung dapat berlanjut dengan kegiatan-kegiatan lainnya. Baik dalam kegiatan penelitian maupun pengabdian masyarakat,” ujarnya.

Dr. Wanda menyebutkan penandatanganan perjanjian kerja sama ini juga merupakan langkah awal keterlibatan ISBI Bandung dan Universitas Udayana dalam upaya mengembangkan kapasitas keilmuan dan kualitas pemahaman di kajian kebudayaan. Agenda program yang dilakukan berupa penelitian dan publikasi bersama dalam proyek penelitian seni budaya dan publikasi jurnal internasional. 

“Harapannya dari kerja sama antara LPPM ISBI Bandung yang diketuai oleh Dr. Wanda Listiani, M.Ds dan LPPM Universitas Udayana yang diwakili Prof. Dr. I Nyoman Darma Putra, M. Litt, selaku Kepala Pusat Penelitian Kebudayaan dapat terjalin kolaborasi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta publikasi ilmiah bereputasi internasional,” imbuhnya. 

Adapun ruang lingkup kerja sama yang tertuang dalam perjanjian kerja sama meliputi:
1. Penyelenggaraan Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat,
2. Penyelenggaraan Kegiatan Ilmiah, Seminar, dan Lokakarya,
3. Peningkatan dan Pengembangan Kompetendi Sumber Daya Manusia, dan
4. Kegiatan lain yang disepakati oleh kedua belah pihak.

ISBI Bandung
Pusat Kreativitas Berbasis Manajemen Seni dan Jejaring
Kampus Merdeka – Indonesia Jaya