Main Menu

Kerja Sama Riset Keilmuan LPPM ISBI Bandung dan LPPM ISI Surakarta_1

Pengembangan riset keilmuan menjadi prioritas Perguruan Tinggi Seni dalam mengembangkan keilmuan lintas disiplin dan kolaborasi. Hal ini menjadi salah satu program kerjasama yg dijalin LPPM ISBI Bandung dan LP2MP3M ISI Surakarta., yang ditandatangani dalam perjanjian kerjasama pada hari Rabu, 15 September 2021 di kampus ISI Surakarta. Kerjasama ini melibatkan civitas akademika di kedua institusi yang dimulai dari tahun 2021 sampai 2024. Penandatanganan kerjasama ini ditandatangani oleh ketua LPPM ISBI Bandung Dr. Wanda Listiani, S.Sos., M.Ds. dan ketua LP2MP3M Dr. Slamet, M.Hum., yang disaksikan oleh Sekretaris dan Kepala Pusat dari kedua belah pihak. Menurut Agus Cahyana, M.Sn., "Penguatan kapasitas khusus penulisan jurnal bereputasi dan pertukaran naskah ilmiah menjadi prioritas kerjasama ini". Hal senada disampaikan oleh Turyati, S.Sen.,M,Sn., "Publikasi ilmiah menjadi salah satu luaran pengabdian kepada masyarakat untuk memperluas jejaring antar Perguruan Tinggi Seni dan Pemberdayaan masyarakat". Penandatanganan ini dilanjutkan dengan diskusi yg membahas pengembangan kekayaan intelektual seni budaya. Hal ini diungkapkan oleh kapus publikasi ilmiah dan KI, Nani Sriwardani, S.T., M.Ds., Lanjutnya, program kerjasama ini menjadi bagian dari kinerja utama program MBKM (Merdeka Belajar  Kampus Merdeka).

Pertama Kalinya Penandatanganan Kerja Sama LPPM ISBI Bandung dan LPPM ISI Yogyakarta_1    Pertama Kalinya Penandatanganan Kerja Sama LPPM ISBI Bandung dan LPPM ISI Yogyakarta_2

Penandatanganan kerjasama antara LPPM ISBI Bandung dan LPPM ISI Yogyakarta, dilakukan pada tanggal 14 September 2021 di Gedung Concert Hall, lt.2 Kampus ISI Yogyakarta Sewon Bantul. Penandatanganan ini dilakukan oleh Ketua LPPM ISBI Bandung yaitu Dr. Wanda Listiani, S.Sos.,M.Ds dan Dr. Nur Sahid, M.Hum. Program yang dikerjasamakan adalah Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat antar kedua Perguruan Tinggi Seni ini disaksikan oleh Sekretaris LPPM, Kepala Pusat dan staf LPPM dari kedua belah pihak. "Publikasi ilmiah di jurnal bereputasi juga menjadi bahasan dalam diskusi penajaman kerjasama bagi civitas akademika Perguruan Tinggi Seni khususnya ISBI Bandung dan ISI Yogyakarta", diungkapkan oleh Nani Sriwardani, S.T., M.Ds., Kepala Pusat Publikasi Ilmiah dan KI ISBI Bandung. Keterlibatan dosen dalam beberapa program yang dikerjasamakan misalnya pendampingan seni budaya dalam masyarakat, workshop dan klinik proposal penelitian dan pengabdian, serta seleksi proposal oleh reviewer dari Perguruan Tinggi kedua belah pihak. Kerjasama ini mulai dilaksanakan dari tahun 2021-2024.

Penandatanganan nota kesepahaman antara LPPM ISBI Bandung yang diwakili oleh Ketua LPPM ISBI Bandung, Dr. Wanda Listiani, M.Ds dan LPPM UIN Raden Fatah Palembang oleh Prof. Dr. Paisol Burlian, M.Hum dilaksanakan pada hari Jum’at tanggal 18 Juni 2021 di UIN Raden Fatah Palembang. Sebelum prosesi penandatanganan kerja sama, terdapat sesi diskusi untuk kegiatan bersama antar institusi. Isu yang menjadi bahan diskusi diantaranya terkait publikasi ilmiah, penelitian dan pengabdian masyarakat dalam rangka implementasi Program MBKM. Menurut Sekretaris LP2M ISBI Bandung, Agus Cahyana, M.Sn disela diskusi menjelaskan bahwa, “Kegiatan aktivasi Memorandum of Agreement (MoA) antara LPPM ISBI Bandung dan LPPM UIN Raden Fatah Palembang ini merupakan kegiatan nyata dari tindaklanjut Memorandum of Understanding (MoU) dengan rektor-rektor perempuan Indonesia di Hari Kartini pada Rabu, 21 April 2021 lalu.


Keterangan Gambar : Penandatanganan MoA antara LPPM ISBI Bandung dan LPPM UIN Raden Fatah Palembang disaksikan Wakil Rektor III Bidang Kerjasama dan Kemahasiswaan UIN Raden Fatah Palembang,  Dr. Hj. Hamidah, M.Ag dan Tim LPPM masing-masing institusi.

LPPM UIN Raden Fatah Palembang yang berlokasi di Kampus I di Jl. Prof. K.H. Zainal Abidin Fikri No.01 Km. 3,5 Palembang Sumatera Selatan ini merupakan gedung bersejarah bagi UIN Raden Fatah Palembang. Ketua LPPM UIN Raden Fatah Palembang, Prof. Dr. Paisol Burlian, M.Hum mengatakan,”Tempat ini dipilih untuk penandatanganan MoA sebagai penanda bersejarah bagi UIN Raden Fatah Palembang yang baru pertama kali bekerja sama dengan Perguruan Tinggi Seni di Indonesia yaitu ISBI Bandung,” katanya. “Saya Ketua Forum LPPM di Sumatera sedangkan Ibu Dr. Wanda Listiani, M.Ds adalah Ketua Forum LPPM PT Seni se Indonesia,” lanjutnya. Pernyataan Ketua LPPM UIN Raden Fatah ini ditegaskan juga oleh para Kepala Pusat dan Sekretaris LPPM UIN Raden Fatah Palembang, Dr. H. Mgs. Nazarudin H. M.M; Kapus Studi Gender dan Anak, Dr. Rr. Rina Antasari,SH., M.Hum; Kapus Penelitian dan Penerbitan,  Budiman, Ph.D, Psy; Kapus Pengabdian kepada Masyarakat, Dolla Sobari, M.Ag, “Kerjasama ini akan kita mulai tahun ini dengan keterlibatan ISBI Bandung di Program KKN, publikasi hasil penelitian dan pengabdian di UIN Raden Fatah Palembang tahun 2021”.

 
Keterangan Gambar : Ketua LPPM ISBI Bandung, Dr. Wanda Listiani  bersama Rektor perempuan pertama di UIN Raden Fatah Palembang, Prof. Dr. Nyayu Khodijah, S.Ag., M.Si dan Tim LPPM ISBI Bandung, Agus Cahyana, M.Sn, Nani Sriwardani, M.Ds serta Tim LPPM UIN Raden Fatah Palembang.

Di akhir diskusi kesepakatan tindak lanjut program, Kepala Pusat Publikasi Ilmiah ISBI Bandung, Nani Sriwardani, M.Ds menyampaikan harapan agar kerjasama ini memberdayakan civitas akademika antar perguruan tinggi dan masyarakat Indonesia. Lanjutnya, kerja sama yang tidak hanya terbatas pada kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat tetapi juga publikasi ilmiah rekognisi internasional seperti joint author di jurnal bereputasi internasional. Kerja sama LPPM sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas akademik dan pelaksanaan capaian indikator kinerja utama program MBKM lainnya serta berdampak bagi masyarakat Indonesia (Humas ISBI Bandung).**

ISBI Bandung
Pusat Kreativitas Berbasis Manajemen Seni dan Jejaring
Kampus Merdeka – Indonesia Jaya

ISBI Bandung Gandeng STTB tautkan Seni Budaya dengan Teknologi_8ISBI Bandung Gandeng STTB tautkan Seni Budaya dengan Teknologi_20ISBI Bandung Gandeng STTB tautkan Seni Budaya dengan Teknologi_6ISBI Bandung Gandeng STTB tautkan Seni Budaya dengan Teknologi_18

 Masa pandemi Covid-19 yang belum berakhir tidak mengendurkan semangat perguruan tinggi untuk terus berupaya dalam melaksanakan fungsinya terutama dalam pelaksanaan tridarma perguruan tinggi dan menyukseskan program merdeka belajar – kampus merdeka (MBKM) serta peningkatan sumber daya manusia (SDM) baik pada sivitas akademika maupun masyarakat. Salah satu jalan yang mendukung terwujudnya hal ini adalah dengan terciptanya jalinan kemitraan antar perguruan tinggi yang saling memberi manfaat.

Pada awal Agustus 2021 ini Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung pun resmi menggandeng Sekolah Tinggi Teknologi Bandung (STTB) sebagai mitra kerja sama yang ditandai dengan telah ditandatanganinya Nota Kesepahaman pada Kamis kemarin (05/08/2021) bertempat di Kampus STTB Jl. Soekarno-Hatta  No.378, Kebon Lega, Bojongloa Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat 40235.

Dari ISBI Bandung acara ini dihadiri langsung oleh Prof. Dr. Een Herdiani, S.Sen., M.Hum selaku Rektor, Dr.  Retno Dwimarwati, S. Sen., M. Hum. Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum dan Keuangan, Dr. Sri Rustiyanti, S.Sen., M.Sen. Dekan Fakultas Budaya dan Media, Redhiana Langen Tresna, SE.Ak Koordinator Kerja Sama dan Humas, Hikmaningtias Maharani, S.T., M.Kom. Subkoordinator Kerja Sama Eksternal dan Humas, dan Rossi Suryani, S.I.Kom. Staf Kerja Sama dan Humas. Sedangkan dari STTB juga hadir Ketua STTB Muchammad Naseer, S.Kom., M.T., Wakil Ketua I Bidang Akademik Danny Aidil Rismayadi, S.SI., M.Kom, Wakil Ketua II Bidang SDM dan Aset Agus Rahmat Hermawanto, S.H., M.M, Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan Indra Julias, S.Kom.

ISBI Bandung Gandeng STTB tautkan Seni Budaya dengan Teknologi_15

“Pertemuan ini kita anggap sebagai awal kerja sama yang sangat baik antara STTB dengan ISBI Bandung khususnya MBKM dan hal-hal lainnya”, ucap Muchammad Naseer, S.Kom., M.T. dalam sambutannya.

Beliau juga berterima kasih atas kehadiran Rektor bersama jajaran pimpinan ISBI Bandung lainnya dan berharap antar dua lembaga pendidikan ini dapat saling bersinergi untuk kemajuan bersama.

ISBI Bandung menyambut dengan suka cita kolaborasi bersama STTB yang kedepannya dapat langsung terealisasi di lapangan.

ISBI Bandung Gandeng STTB tautkan Seni Budaya dengan Teknologi_11

“Kami ingin sekali melaksanakannya bukan hanya menandatangani MoU tetapi riil di lapangan begitu ya”, tutur Prof. Een.

Beliau juga menyampaikan bahwa saat ini ISBI Bandung memiliki kelemahan dalam bidang teknologi sehingga ketika terbangunnya sinergi dengan STTB, ISBI Bandung dapat terus memperbaiki dan meningkatkan kualitas khususnya di bidang teknologi serta pertautan antara seni budaya dengan teknologi dapat melahirkan hal baru yang luar biasa.

Sebagaimana salah satu misi ISBI Bandung ialah memberdayakan seni budaya secara kreatif dan inovatif yang selaras dengan salah satu misi STTB yakni menyelenggarakan pendidikan dengan keunggulan mutu yang diselaraskan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni. Adaptif terhadap tantangan sosial, budaya dan lingkungan.

“Jika STTB memiliki kebutuhan-kebutuhan dalam bidang seni, bisa jadi nanti kami mengirimkan dosen-dosen untuk bisa mengisi beberapa kelas dalam menambah wawasan bidang seni dan kebudayaan”, imbuhnya.

ISBI Bandung Gandeng STTB tautkan Seni Budaya dengan Teknologi_2

Melalui kerja sama ini, ISBI Bandung dan STTB juga berkeinginan dapat bersama-sama meningkatkan kinerja dan mutu pendidikan tinggi masing-masing pihak serta memberi keleluasaan kepada para mahasiswa agar menguasai berbagai keilmuan, dalam rangka menciptakan SDM yang unggul dan berkualitas. 

Selain pelaksanaan tridarma perguruan tinggi dan program MBKM serta peningkatan SDM, ruang lingkup kerja sama ini juga meliputi program pertukaran mahasiswa dan dosen, serta program mahasiswa magang. Namun tidak menutup kemungkinan untuk kegiatan lainya selama disepakati oleh kedua lembaga.

Acara ini diselenggarakan dengan tetap memperhatikan dan menjalankan protokol kesehatan dari pengecekan suhu tubuh, penggunaan hand sanitizer, masker dan sarung tangan serta penyeprotan disinfektan pada ruangan yang digunakan hingga jaga jarak antara tamu undangan.

ISBI Bandung
Pusat Kreativitas Berbasis Manajemen Seni dan Jaringan
Kampus Merdeka-Indonesia Jaya

 
Sabtu, 5 Juni 2021, dalam acara Pelantikan DPD PUTRI (Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia) Jawa Barat Periode 2021-2025 di Lodge Maribaya, Kabupaten Bandung Barat, Rektor ISBI Bandung dan Ketua DPD PUTRI Jawa Barat terpilih juga menandatangani MoU untuk pengembangan pariwisata Jawa Barat dan pelaksanaan MBKM. Untuk percepatan kolaborasi tersebut juga ditandatangani MoA antara DPD PUTRI Jawa Barat dengan Dekan Fakultas Seni Pertunjukan ISBI Bandung. 

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Dedi Taufik menghadiri dan mendukung penuh kolaborasi antara pemerintah, perguruan tinggi dan PUTRI untuk percepatan pemulihan pariwisata di Jawa Barat.

“Saat ini fokus dari Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif adalah pengembangan desa-desa. MoU antara Gubernur Jawa Barat dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan segera ditandatangani. Artinya, kedepan harus ada akselerasi antara pemerintah, perguruan tinggi dan PUTRI untuk pengembangan desa-desa wisata tersebut.” ujarnya

Ketua DPD PUTRI Jabar terpilih dan sekaligus owner dari The Lodge Group, Heni Smith menyatakan dalam sambutannya “Bahwa kita harus Bangkit Bersama dalam membangun pariwisata di Indonesia, tema besar PUTRI adalah Rise of Tourism and Investment, program ini bertujuan untuk mengenalkan wisata baik yang sudah eksis dan belum eksis untuk bangkit bersama, mengangkat kearifan local yang merupakan identitas dari desa-desa wisata yang akan dikembangkan sebagai tujuan pariwisata”.

Sejalan dengan keinginan Kadisparbud dan Ketua DPD PUTRI Jabar, Rektor ISBI Bandung menyatakan “Sangat penting untuk membangun kolaborasi bersama untuk membangkitkan kembali pariwisata di masa era new normal ini. ISBI Bandung yang sangat peduli dengan kearifan local dari setiap desa baik di Indonesia maupun secara khusus desa di Jawa Barat berharap mampu mengangkat keunggulan desa wisata dari sisi seni dan budaya.”

ISBI Bandung
Pusat Kreativitas Berbasis Manajemen Seni dan Jejaring
Kampus Merdeka – Indonesia Jaya