Main Menu

ISBI Bandung kembali menjadi salah satu PTN Pusat UTBK SBMPTN Tahun 2020. Pada pelaksanaannya ISBI Bandung menggandeng beberapa mitra yakni SMK Negeri 3 , SMK Negeri 4 Bandung dan SMA Negeri 11 Bandung yang ditandai dengan telah ditandatanganinya Memorandum of Understanding (MoU) oleh Kepala Sekolah dari masing-masing mitra yakni Drs. Euis Purnama, M.M.Pd. (Kepala Sekolah SMK N 3 Kota Bandung),  Dr. Asep Tapip Yani, M.Pd. (Kepala Sekolah SMK N 4 Kota Bandung), dan Drs. Dedi Suryani, M.Pd. (Kepala Sekolah SMA N 11 Kota Bandung) dengan Prof. Dr. Arthur Supardan Nalan, S.Sen, M.Hum. (Ketua Panitia Pusat UTBK SBMPTN ISBI Bandung Tahun 2020) dan disaksikan oleh Rektor ISBI Bandung Prof. Dr. Een Herdiani, S.Sen., M.Hum. yang dilaksanakan di FOX HARRIS Lite Metro Indah Bandung (2/07/2020). Pada acara ini SMK Negeri 3 Bandung, SMK Negeri 4 Bandung dan SMA Negeri 11 Bandung menyatakan kesediaannya menjadi Mitra penyelenggaraan UTBK Tahun 2020 dengan pelaksanaan menggunakan prosedur protokol kesehatan dalam kondisi pandemi COVID-19. 

  

  

Untuk mewujudkan program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka sesuai arahan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, ISBI Bandung dan Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) menandatangani Nota Kesepahaman Bersama (MoU) dalam bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat serta peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia.
Berdasarkan kebijakan tersebut, Perguruan Tinggi dituntut untuk dapat merancang dan melaksanakan proses pembelajaran yang kreatif dan inovatif serta adaptif terhadap perkembangan zaman. ISBI Bandung dan Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) sepakat bahwa kolaborasi serta penguatan hard skill dan soft skill merupakan hal penting dalam implementasi MBKM yang harus diprogramkan untuk meningkatkan kompetensi dan ketrampilan mahasiswa.

Penandatanganan MoU dilaksanakan pada hari Rabu (23/12/20) bertempat di Gedung Rektorat Lantai I ISBI Bandung. Acara tersebut dihadiri langsung oleh Rektor Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama), Prof. Dr. Rudy Harjanto, M.Sn., Wakil Rektor II : Dr. Sumarhadi, SE., MM., beserta Kepala Biro Kerja Sama dan Pengembangan : Setya Ambar Pertiwi, SE., MA., sedangkan dari ISBI Bandung dihadiri oleh Rektor Institut Seni Budaya Indonesia Bandung, Prof. Dr. Hj. Een Herdiani, S.Sen., M.Hum., Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Sistem Informasi, dan Kerja Sama, Dr. Suhendi Afryanto, S.Kar., M.M., Kepala Bagian Perencanaan, Kerjasama dan Humas, Redhiana Langen Tresna, S.E.Ak., Kepala Sub Bagian Kerja Sama dan Humas, Hikmaningtias Maharani, S.T., M.Kom, dan Dosen Fakultas Seni Rupa dan Desain, Dr. Husen Hendriyana, S.Sn., M.Ds.
Dalam Sambutannya, Rektor Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) berharap program ini mampu menyiapkan mahasiswa menghadapi perubahan sosial, budaya, dunia kerja, perkembangan teknologi, serta peningkatan persaingan semakin ketat. Mahasiswa sebagai generasi penerus diharapkan memiliki kompetensi adaptasi dengan kebutuhan di era terkini, disamping memiliki keilmuan yang mumpuni dan berakhlak mulia.
Sedangkan Rektor ISBI Bandung juga mengungkapkan kegembiraannya atas kerjasama yang dilakukan oleh Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) dan ISBI Bandung. Kerja sama ini diharapkan mampu memberikan hasil yang positif bagi kedua kampus dalam menjalankan program MBKM, serta dapat pula mengembangkan kerja sama di bidang lainnya. Dengan program kolaborasi materi komunikasi, ekonomi dan bisnis ke dalam mata kuliah-mata kuliah yang ada di ISBI Bandung diharapkan dapat menggagas konsep ekonomi kreatif yang berbasis seni dan budaya lokal.

Kedua perguruan tinggi akan memulai program ini pada semester ganjil tahun 2021 berupa pertukaran dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) dan Fakultas Seni Rupa dan Desain ISBI Bandung. Seminar perdana Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) dan ISBI Bandung direncanakan akan diselenggarakan pada pertengahan Januari 2021.

  • Penandatanganan Kerja Sama Universitas Prof.Dr.Moestopo dengan ISBI Bandung_1
  • Penandatanganan Kerja Sama Universitas Prof.Dr.Moestopo dengan ISBI Bandung_2
  • Penandatanganan Kerja Sama Universitas Prof.Dr.Moestopo dengan ISBI Bandung_3
  • Penandatanganan Kerja Sama Universitas Prof.Dr.Moestopo dengan ISBI Bandung_4

Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung ikut terlibat dalam pemulihan kembali perekonomian daerah, khususnya sektor pariwisata dan kebudayaan Kabupaten Bandung. Hal ini ditandai dengan telah ditandatanganinya Piagam Kerja Sama antara Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bandung dengan ISBI Bandung pada Rapat Koordinasi (Rakor) mengenai Pemulihan Ekonomi Daerah Sektor Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Bandung Tahun 2020 yang dilaksanakan di Hotel Grand Sunshine Soreang, Rabu 8 Juli 2020. Piagam ini ditandatangani oleh H. Yosep Nugraha, S.H., M.Si. selaku Kepala Disparbud Kabupaten Bandung bersama Rektor ISBI Bandung Prof. Dr. Een Herdiani, S.Sen., M.Hum. ISBI Bandung menjadi mitra kerja pariwisata dan kebudayaan unsur akademisi dari unsur pentahelix (birokrasi, komunitas, akademisi, pengusaha, dan media) yang diharapkan dapat membantu pemerintah daerah Kabupaten Bandung dalam membangkitkan kembali pariwisata yang merupakan sektor strategis yang berdampak pada peningkatan pendapatan masyarakat dan pendapatan daerah. Rakor ini dipimpin oleh Bupati Kabupaten Bandung H. Dadang M. Nasser, S.H., S.I.P., M.I.Pol., serta diikuti jajaran Pemerintah Kabupaten Bandung, dan stakeholder lainnya yang terkait dengan unsur pentahelix tersebut.

  • Penandatanganan Piagama Kerja Sama Disparbud Kabupaten Bandung dengan ISBI Bandung_1
  • Penandatanganan Piagama Kerja Sama Disparbud Kabupaten Bandung dengan ISBI Bandung_2
  • Penandatanganan Piagama Kerja Sama Disparbud Kabupaten Bandung dengan ISBI Bandung_3
  • Penandatanganan Piagama Kerja Sama Disparbud Kabupaten Bandung dengan ISBI Bandung_4

ISBI Bandung memiliki misi yakni menyelenggarakan Tridarma Perguruan Tinggi di bidang seni budaya yang memperkokoh karakter budaya bangsa. Dalam mewujudakan misi tersebut, ISBI Bandung melakukan kerja sama dengan berbagai badan hukum yang salah satunya adalah dengan Perguruan Tinggi (PT) lainnya baik negeri maupun swasta. ISBI Bandung menjalin kerja sama dengan Universitas Brawijaya, Universitas Udayana dan Universitas Swadaya Gunung Jati yang dimulai sejak tanggal 20 Juli 2020. Proses penandatangan Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerja Sama kembali dilakukan secara desk to desk dikarenakan masih dalam masa Pandemi Covid-19. Semoga dengan jalinan kerja sama ini dapat memanfaatkan kemampuan masing-masing pihak dalam melaksanakan kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam mengembangkan dan meningkatkan kualitas masyarakat.

Dalam rangka mewujudkan salah satu program kampus merdeka yaitu link and match yang dikembangkan untuk meningkatkan relevansi prodi vokasi dengan dunia industri dan dunia kerja, Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung menjalin kerja sama dengan beberapa mitra yang telah diresmikan dengan penandatanganan Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerja Sama pada tanggal 18 dan 19 Juni 2020 secara desk to desk mengingat saat ini masih dalam kondisi pandemi COVID-19. Mitra dunia industri dan dunia kerja yang mulai bekerja sama dengan ISBI Bandung yang dimaksud adalah Indonesia Bamboo Community (IBC), PT. Saung Angklung Udjo, Super 8 MM Foundation dan Rumah Batik Komar serta Epoy Production. Dengan kerja sama ini diharapkan ISBI Bandung akan menghasilkan  sumber daya manusia yang berkualitas, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, terdidik, terampil, dan profesional di bidang seni budaya yang memiliki kepekaan dalam menjawab tantangan zaman serta memiliki kompetensi sesuai dengan kebutuhan dunia industri dan dunia kerja.

  • Penandatanganan Kerja Sama ISBI Bandung dengan IBC_1
  • Penandatanganan Kerja Sama ISBI Bandung dengan IBC_2
  • Penandatanganan Kerja Sama ISBI Bandung dengan IBC_3

  • Penandatanganan Kerja Sama ISBI Bandung dengan Saung Angklung Udjo_1
  • Penandatanganan Kerja Sama ISBI Bandung dengan Saung Angklung Udjo_2

  • Penandatanganan Kerja Sama ISBI Bandung dengan Rumah Batik Komar_1
  • Penandatanganan Kerja Sama ISBI Bandung dengan Rumah Batik Komar_2
  • Penandatanganan Kerja Sama ISBI Bandung dengan Rumah Batik Komar_3

  • Penandatanganan Kerja Sama ISBI Bandung dengan Evoy Production_1
  • Penandatanganan Kerja Sama ISBI Bandung dengan Evoy Production_2
  • Penandatanganan Kerja Sama ISBI Bandung dengan Evoy Production_3